Selasa, 16 Desember 2008

SEGAR BUGAR SELAMA PERJALANAN LIBURAN ANDA

Tidak perduli apa yang menjadi gaya liburan Anda, banyak Dokter-Dokter specialis yang berpengalaman menyarankan untuk selalu mengikuti saran dan tip aturan kesehatan ( health care ) selama perjalanan liburan Anda.

Altitude sickness (sakit yang disebabkan oleh tekanan udara pada ketinggian) sering terjadi pada saat ketinggian mencapai diatas 2500 meter. Dianjurkan untuk tidak berjalan cepat pada saat mendaki ataupun jalan menurun, dan selalu dapat mengatur napas secara perlahan-lahan. Obat-obatan yang dianjurkan selalu ada di kotak obat (medical kit) Anda : Ginko Biloba dan Diamox.

Jetlag ini yang paling sering terjadi pada saat penerbangan jauh. Siapkan obat untuk dapat membuat Anda lebih mudah tidur di pesawat.

Flu burung, Anda tidak akan sulit untuk selalu mengikut beberapa tindakan pencegahannya:
a. Selalu cuci tangan Anda sebelum atau sesudah berinteraksi dengan binatang atau tumbuhan.
b. Selalu mengkonsumsi makanan yang telah dimasak secara benar (matang), terutama daging ayam dan telur ayam.
c. Hindari tempat-tempat seperti pasar ataupun kebun binatang, apabila tempat kunjungan tsb sedang terjangkit flu burung.
d. Minum air yang sudah dimasak.

Cacar air (chickenpox) dapat berbahaya apabila terjangkit kepada orang dewasa. Apabila Anda belum pernah terjangkit cacar, sekarang sudah ada vaksinnya. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Rambut rontok terjadi sebelum dan sesudah melakukan perjalanan jauh, ini bukan hanya terjadi kepada wanita saja akan tetapi kepada pria juga. Akan tetapi karena wanita lebih sensitif
daripada pria maka wanita lebih cepat terasa bahwa rambutnya rontok. Hal ini terjadi akibat perjalanan yang membutuhkan waktu yang lama seperti selama dalam penerbangan jauh (rata-rata diatas 12 jam)

Infeksi saluran kencing atau batu ginjal sering terjadi apabila Anda tidak banyak minum air. Berusahalah untuk selalu mendapatkan air yang layak diminum.

Food poisoning ini dapat dihindari dengan tidak makan makanan yang mentah atau tidak dimasak matang. Terutama apabila Anda alergi terhadap makanan-makanan tertentu.
Kepada kaum wanita harus selalu menyiapkan obat-obatan pada saat masa haid tiba.

Surat keterangan kesehatan dan surat resep obat Anda sngat diperlukan dan harus selalu dibawa pada saat perjalanan liburan.Karena obat-obatan pada suatu negara belum tentu selalu mudah didapatkan.

Makan dan minum yang sehat dan bersih adalah sebuah tindakan yang sangat mendasar. Aturannya adalah : Boil it, Cook it, peel it OR FORGET IT. Makanan akan aman apabila terlalu panas pada saat disajikan diatas meja makan anda, semua kuman dipastikan akan mati semua.

Hindari dari membawa barang berlebihan ataupun yang tidak diperlukan. Ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan (disebabkan pada saat Anda membawa atau mengangkat bagasi) dan tentunya liburan Anda.

Dari semua yang telah saya uraikan diatas, semoga dapat membantu untuk membuat perjalanan liburan Anda lebih menceriakan dan menyenangkan. Ingat selalu akan akan kata "GET HEALTH AND FIT BEFORE YOU TRAVELLING AND YOU WILL ALWAYS ENJOY YOUR HOLIDAY MORE".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar